Filopido Akper “On air” di RRI

Filopido Akper “On air” di RRI

Penghargaan dari RRI Alhamdulillah, hari itu Filopido Akprov sendiri mendapat kehormatan untuk hadir secara on-air dalam acara ekspresi, yang memang merupakan program rutin dari RRI Pro.2 F.M sendiri. Salut deh buat RRI yang memang mengapresiasi anak-anak muda untuk menyalurkan bahkan “mempromosikan “talenta yang mereka miliki.
Seru,???pastinya!Mbak Lia sendiri memang piawai memandu acara tersebut.Buktinya, anak-anak Filopido Akprov sendiri mulai merasa”at home”, padahal tadinya mereka sempat nervous. Diawaki oleh Said, Tanjung, Arief, Fahmi, dan Hayat, dan dipandu oleh mbak Lia sebagai penyiarnya, dialog-dialog ringan plus celetukan yang mengundang tawa pun akhirnya bisa mencairkan suasana. Sayangnya, dua personil lainnya yaitu Danang dan Upi berhalangan hadir, namun syukurlah, hal itu tak membuat Filopido Akprov “turun performanya”,tiga lagu pun bisa dibawakan dengan apik, yaitu Problema sebagai lagu pembuka, kemudian rasulullah di lagu kedua, untuk kemudian dilanjutkan dengan Neo_shalawat sebagai penutupnya.Ya, itulah penampilan terbaik mereka bagi para Filopido Lovers,(sebutan “fans”para filodido, red), terutama juga bagi para pendengar setia RRI sendiri tentunya pada kesempatan kali itu. Apalagi jika Upi dan Danang berkesempatan hadir saat itu,maybe it will be the greatest memory that they ever had. (selain memory manggung yang diguyur hujan, ups!)
“Kami ingin tetap eksis”!

Dari berbagai telpon yang masuk, tak sedidkit dari audience yang mempertanyakan; “kok bisa sih nasyidan?”padahal bukan rahasia lagi, jadwal kuliah di akademi perawat itu padat, plus beban tugasnya yang tak kalah banyaknya. “ Kami sempat-sempatkan untuk berlatih, kadang di musholla, kadang di tempat parkir, ya seketemunya, tapi intinya kuliah tetap diutamakan, jangan sampai nasyid O.K, kuliah K.O”. Hemm,bijak kali jawaban Said yang memang didakwa jadi jubir oleh teman-temannya saat menanggapi pertanyaan tersebut. Sip,memang harus begitu sih, nasyid O.K, kuliah juga O.K.(Amin……).Untuk kaltim sendiri, Filopido Akprov adalah satu-satunya tim nasyid jebolan akper yang tidak pernah ada sebelumnya!Langka kan?makanya harus “dilestarikan” 

Sekedar info, bukan berarti Akper Pemprov Kaltim yang terletak di jalan Anggur ini melulu “berbau” kesehatan. Perawat, pastinya!, namun prestasi mereka diluar bidang keperawatan juga tidak bisa disepelekan. Juara 2 paduan suara mars pemilu yang diadakan oleh KPU kaltim Maret 2009 lalu, juga Juara 1 Futsal, Kaligrafi, dan baca puisi pada waktu Milad IMM maret 2009 lalu, adalah bukti mereka “bukanlah perawat biasa”. Alhamdulillah, pihak kampus sendiri memang menyediakan ekskul yang variatif bagi para mahasiswanya, nggak jaman lagi kampus Cuma jadi tempat”pencetak”sarjana atau ahli madya saja. Akper pemprov kaltim dalam hal ini ,menyadari sekali bahwa ilmu keperawatan memang diutamakan menjadi keahlian sekeluarnya mereka dari akademi ini, tapi bukan berarti tanpa skill penunjang lainnya.Insyaallah, diharapkan dengan bergabungnya para mahasiswa ke dalam ekskul yang disediakan, bisa mejadi “laboratorium mini“ bagi mereka sebelum “turun gunung” ke lingkungan masyarakat sebenarnya.Diharapkan, kemampuan personal mereka akan makin terasah ketika mahasiswa belajar bergaul, berkomunikasi, beradaptasi, bernegoisasi, berkompromi, termasuk juga tentang makna tanggung jawab di”masyarakat kecil” komunitas eskul masing-masing.
Bukan “orang gua”.

Kembali lagi ke Filopido Akprov,hal menarik lainnya yang tertangkap saat on- air tersebut adalah; meskipun nasyider, bukan berarti anak-anak nasyid kaku lho. “Jangan berpikiran negative dulu terhadap nasyid,jangan kira kami ini kaku lho”, kali ini Hayat angkat bicara. Setuju!”di kandang” orang aja (studio Pro.2 RRI)mereka dah seru-seruan begitu, jangan tanya di kandang sendiri deh.(bagaimana Filopido lovers, do you agree with it???). Satu-satunya yang stay cool saat itu, emang cuma Ardi alias Fahmi, bukan karena takut ama microphone kan Mi?takut tertelan maksudnya .hehehe.

However, Filopido Akprov sendiri ternyata sangat confident menghadapi ratusan, jutaaan, bahkan mungkin ribuan pendengar RRI saat itu (berlebihan ya?hehehe). Mereka bernyanyi tanpa beban. Well, sepertinya pertanda bagus, atas ijin dan kuasa Allah, bukan tidak mungkin mereka akan kembali”masuk Studio”, untuk rekaman!who knows?, yang pasti manajer group nasyid Insani yang kebetulan hadir saat itu mengakui; sepertinya Insani bakal punya saingan.Hehehe, semoga dengan segala kebesaran namanya, Filopido tidak lupa bahwa ada Allah yang “lebih besar” lagi, tidak tinggi hati dan terjebak dalam popularitas yang membutakan hati, hingga lupa niat semula bernasyid.

Semoga, ke depannya Filopido Akprov tidak cepat berpuas diri,sehingga Filopido Akprov tidak hanya sekedar eksis, namun juga bermanfaat dan menjadi legenda bagi para penikmat musik, terutama penggemar nasyid ! Semoga bukan harapan yang berlebihan, karena mimpi hari ini adalah kenyataan esok hari,Insyaallah.

So, go filo go filo go!,bukan karena mencari ketenaran semata, namun juga membumikan pesan-pesan islam dengan cara yang berbeda.(bernasyid, red).
Well, selamat bernasyid. Kami tunggu kiprah selanjutnya!(termasuk album rekamannya ya?amin.)***ken***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: